Minimarket dan Perkembangannya

Minimarket dan Perkembangannya

Minimarket di Indonesia merupakan salah satu bidang bisnis favorit bagi para pelaku usaha baik yang kelas atas maupun menengah. usaha ini terbukti mampu memberikan alternatif sebagai unit usaha yang memberikan harapan bagi para pelaku usaha. banyak pelaku usaha ritel lokal yang memilih untuk mendirikan minimarket lokal moderen. Bagaimana sebenarnya sejarah tentang minimarket dan perkembanganya? berikut kami ulas gambaran besarnya saja.

https://www.konsultanminimarket.com/apa-itu-minimarket-2.html


a.       Sejarah Minimarket

       Kalau melihat sejarah lahirnya toko ritel modern , kita mungkin pernah mendengar Sarinah. Sarinah adalah pionir pelaku usaha toko ritel modern yang ada di Indonesia berdiri pada tahun 1962. Saat itu, Sarinah menjadi primadona masyarakat Indonesia sebagai salah satu Toko yang wajib dikunjungi, dan menjadi suatu kebanggan bila telah berbelanja dan berkunjung ke Sarinah.

       Setelah Sarinah, akhirnya kita juga mulai mengeal Sogo, HERO dan akhirnya Indomaret yang mulai mengepakkan sayapnya dengan kategori Minimarket pada tahun 1997. Sejarah toko modern ini penting buat kita sebagaia cuan bahwa kita harus selalu update dengan perkembangan yanga da yang berkaitan dengan bisnis ritel ini. Terjaidnya percepatan perkambangan ini, menjadi catatan besar, bahwa bisnis ritel ini snagat dinamis. Oleh sebab itu, Sebagai pelaku usaha atau yang baru mau gabung dalam bisnis ini harus memahami.

       Minimarket Lokal non waralaba juga mulai berkembang massive sejak tahun 2000an. Penulisa sendiri masih ingat dulu sering mengadakan training minimarket modern lokal sejak tahun 2000an, di Jogja pelaku ritel lokal masih gamang dan banyak yang tersentak serta kaget. Akhirnya satu persatu , mulai menyadari bahwa perubahan itu pasti dan mengikuti perubahan hukumnya wajib , jika ingin bertahan dan bertumbuh.

       Pada tahun 2000an, kami masih ingat untuk wilayah Jogja masih sedikit pelaku usaha yang mendirikan minimarket moderen, karena maish yang banyak berfikir bahwa dengan menjadikan tokonya atau warungnya dengan bentuk atau model minimarket, konsumen tidak akan mau berbelanja, karena dengan bangunan yang moderen, rapi dan bersih khwatir konsumen malah akan lari, namun seiring waktu, akhirnya setelah masuknya Indomaret dan Alfamart, berbondong-bondong para pelaku usaha ritel di Jogja merubah tampilan toko yang awalnya tradisional emnjadi moderen, apalagi tahun 2021 ini, semakin banyak masyarakat membidik bidang bisnis ini. terbukti lebih dari ribuan minimarket yanga da di Propinsi Yogyakarta dengan kepemilikan lokal atau bukan waralaba.

b.      Perkembangan Minimarket

 

      Indonesia Mnejadi tuan rumah dan menjadi lahan empuk bagi bisnis ritel di Asia Tenggara. Laporan Nielsens Menunjukkan bahwa jumlah Minimarket di Indonesia  bisa mencapai 43 jutaan lebih di tahun 2017. Perkembangan Minimarket ini menunjukkan trend naik bahkan bisa sampai 3,7 persen. Data ini bisa menjadi lebih besar , karena banyak juga berdiri minimarket lokal yang di desa-desa atau pinggiran kota yang tentunya tidak memiliki izin standar, namun mereka melaksanakan bisnisnya dengan baik. Karena biasanya aturan izin berkaitan dengan IMB, sehingga para pemain ritel lokal yang modern terbentur izin ini.

      Kenapa perkembangan Minimarket ini begitu pesat? Karena saat ini, banyak konsumen yang tidak mau menghabsikan waktu untuk belanja ke sebuauh departemen store yang besar, mereka mau lebih cepat pelayananya, tidak perlu parker yang lama dan langusng membeli. Bayangkan jika belanja di sebuah Mall yang sangat rumit dan kompleks. Masuk ke parkiran lama, antri Panjang, dan lain sebagainya.

      Pertumbuhan minimarket lokal yang cukup pesat ini, bisa diperkirakan lebih dari 1000 unit yang buka dan berdiri setiap tahunnya, ini merupakan pertumbuhan yang sangat menggembirakan , artinya ada pergarakan positif di masyarakat Indonesia dan ada harapan yang membuncah dalam bisnis ini.

 Oleh sebab itu, kami sebagai konsultanminimarket lokal moderen, sangat berbangga sekali dengan perkembangan usaha minimarket ini. data kami sejak tahun 2010, klien yang tersebar dari seluruh Indonesia mencapai 30.000an klien mulai dari sumatera sampai Papua , Bahkan kami juga telah melayani klien Internasional yakni dari Timor Leste. Bagi anda yang ingin mendirikan minimarket dan masih bingung ingin memulai dari mana? silahkan kontak kami di Hotline 08112646687 atau 0887-4334-06-143.

Kami Ritelteam Indonesia selain mememang memiliki layanan Konsultasi manajemen minimarket juga melayani penjualan RakMinimarket, Rak Rokok, Meja kasir dan semua perlengkapan untuk mendirikan minimarket atau supermarket, selain itu kami juga melayani jasa Software Kasir online atau program kasir online dengan brand kasirkita.id.

https://kasirkita.id/


    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minimarket

Konsultan Minimarket